Senin, 29 November 2010

hisab falak

Program Hisab Falak 1.0 ini merupakan program aplikasi bidang astronomy untuk menghitung posisi Bulan dan Matahari setiap saat. Program aplikasi ini terutama dimaksudkan untuk membantu perumusan Kalender Hijriyah, penentuan batas-batas waktu Shalat dan panduan arah Qiblat.

Versi Portable-nya bisa didownload di sini (8 MB)

Aplikasi ini dirancang untuk dapat dijalankan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows mulai Windows 9x, Windows 2000, Windows Me dan Windows XP. Menu-menu yang disajikan cukup sederhana dengan resolusi layar minimal 800 x 600 pixel.

Berbagai saran, pertanyaan dan informasi mengenai aplikasi ini dapat anda sampaikan melalui mail: aminuddin_ekas@yahoo.com atau dikirim via pos ke alamat penulis: Jl Tanjung Wira I/2 GKB Gresik, Indonesia 6115.
Menu-menu Hisab Falak 1.0

Menu-menu yang tersedia dapat dipilih dari panel bar pada kolom Windows. Menu-menu tersebut adalah:

> Hisab Bulan dan Matahari
Ada tiga sajian yang dapat dipilih pada menu ini yaitu: Hisab Lokal awwal Bulan, Hisab saat ini, dan Display Toposentrik (posisi Bulan dan Matahari real time).
Hisab lokal awwal bulan menyajikan data-data kalkulasi posisi Bulan dan Matahari yang berkaitan dengan penetapan awwal dan akhir bulan kalender yang berlaku, khusus untuk lokasi yang dipilih. Sedangkan batas penanggalannya diambil dengan menggabungkan data lokal tersebut dengan data-data lokasi lainnya dalam wilayah negara yang dipilih.
Hisab saat ini menyajikan data-data posisi Matahari dan Bulan untuk waktu yang sedang berjalan (real time) sesuai waktu jam komputer dilihat dari lokasi yang dipilih.
Display Toposentrik, adalah tampilan grafis dari sub menu Hisab saat ini. Lingkaran dengan tanda S menandai Matahari dan lingkaran dengan tanda M menandai Bulan. Pusat koordinat O adalah posisi observer yakni lokasi yang dipilih.

> Qiblat dan Jadwal Shalat
Ada tiga sajian yang dapat dipilih pada menu ini yaitu: Jadwal Shalat Bulanan, Arah Qiblat dan Jadwal Shalat hari ini, dan Arah dan Bayangan Qiblat Bulanan.
Jadwal Shalat Bulanan menampilkan Jadwal Shalat harian selama satu bulan yang berlaku untuk lokasi yang dipilih, dapat pula menampilkan jadwal bulan-bulan yang lainnya mulai bulan Januari sampai dengan Desember untuk tahun yang berjalan.
Arah Qiblat dan Jadwal Shalat Hari ini, menampilkan waktu yang berlaku dan jadwal Shalat harian untuk hari yng berjalan. Dilengkapi pula dengan informasi arah Qiblat untuk lokasi tersebut baik dari arah kompas maupun dari arah Matahari dan Bulan untuk saat yang berjalan.
Arah & Bayangan Qiblat Bulanan, menampilkan data-data selama satu bulan yang berlaku mengenai kapan saatnya Matahari searah atau berlawanan arah dengan Matahari. Dapat pula menampilkan data-data bulan-bulan yang lainnya mulai bulan Januari sampai dengan Desember untuk tahun yang berjalan.

> Kalender Hijriyah
Menu ini menampilkan tampilan kalender selama satu bulan untuk bulan yang berlaku, dilengkapi dengan resume hasil hisab yang mendukung penetapan awal bulan tersebut dari seluruh lokasi wilayah di negara yang dipilih.

> Set Data
Menu ini disediakan untuk fasilitas mengubah lokasi, memodifikasi data lokasi, menambah atau mengurangi data lokasi. Untuk memilih lokasi cukup dengan menyorot lokasi yang diinginkan pada list box, lalu klik dua kali atau klik tombol pilih kemudian klik tombol aktifkan. Untuk berpindah negara klik pada posisi nama negara, maka akan muncul combo box pilihan negara dan klik nama negara yang dikehendaki lalu pilih lokasinya seperti di atas.
Selain menu lokasi disediakan menu lainnya yaitu Set Parameter Hisab dan setting waktu-waktu peringatan bangun malam dan waktu Shalat.

> Referensi
Menyajikan beberapa referensi utama yang penulis gunakan untuk pembuatan program aplikasi Hisab Falak ini.


Share/Bookmark

0 komentar:

Poskan Komentar