Senin, 29 November 2010

mushaf al-Quran

Sejak pertengahan September s,d awal Oktober 2010, saya mencari program mushaf al-Quran untuk layar lebar nokia 5800. Sekitar 20-an program al-Quran telah saya download dan install, tetap saja belum ada yang memuaskan. Maklum, saya mencari program dengan kriteria tertentu; untuk layarlebar (widescreen), dilengkapi fasilitas word search, tulisan naskhi dengan rasm Utsmanitouch-play dan simbian s60v5 yang compatible dengan nokia 5800.
Akhirnya, saya menemukan program Mushaf Madinah versi 2 (MM2) -dari situs : www.benefit-ms.com yang sangat mengagumkan. Kok bisa? Program ini tidak hanya memenuhi kriteria di atas, bahkan melebihi dari apa yang pernah saya bayangkan. Umumnya program al-Quran untuk HP itu antara teks dan suaranya terpisah, yakni keduanya berada dalam file yang berbeda. Hebatnya, program MM2 itu memadukan keduanya, juga dilengkapi dengan enam kitab tafsir fenomenal (Tafsir al-muyassar, Ibn Katsir, Jalalain, As-Sa’di, Qurtubi, Fathul Qadir) dan tiga kamus kosakata, serta asbabun nuzul. Tidak ketinggalan, program ini dilengkapi dengan terjemahan dalam tiga bahasa (Melayu, Inggris dan Prancis), serta daftar indeks tematik.
Sehingga tidak berlebihan jika saya menyarankan pada para “penggila” ilmu al-Quran dan keislaman untuk secepatnya beli HP yang kompatibel (N79, nokia 5800), mendownload dan menginstallnya. Bahkan program ini layak disebut “Maktabah Syamilah Mini eksklusif” dan saya pikir sangat murah, meski harus beli HP seharga 3 jutaan, mengingat al-Quran beserta kelengkapannya ada dalam genggaman kita.  Kapanpun mau dibaca, didengarkan, dipahami, ditelaah, diterjemah, siap sedia dimanapun, tanpa harus koneksi dengan internet maupun komputer.
Bagaimana menginstallnya? Sangat mudah sekali, tentu. Ada tiga file yang harus sudah terdownload; (1) mushaf-2 (16MB), (2) tilawah (120 MB), (3) Flashlite (1MB). Cara menginstall 2 file yang awal, dengan menghubungkan HP dengan komputer melalui kabel data, memilih opsi: mass storage di HP (bukan PC Suite), langsung install (tatsbit) hingga selesai. Sedang program Flashlite diinstall dengan memilih opsi PC Suite setelah kabel dilepas dan disambung lagi.
Untuk tilawahnya bisa memilih puluhan qori’ yang tersedia diwebsite, yang masing-masing diinstall satu persatu. Program ini bisa dipakai oleh siapapun, lebih-lebih mereka yang bisa memahami teks Arab. Sungguh sebuah kebahagiaan tiada tara, kalau kita bisa memiliki, memanfaatkan dan mengamalkan dalam kehidupan.

Bagi yang berminat silahkan download 3 file sekaligus melalui 3 link di bawah ini:

0 komentar:

Poskan Komentar